20 Tempat wisata yang dapat menjadi pilihan liburan Smart Traveler

 20 tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi
Inilah 20 tempat wisata tersebut:
1. GUNUNG RINJANI, NTB
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau LombokNusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

2. GUNUNG BROMO, JATIM
Gunung Bromo
Gunung Bromo

Gunung Bromo (dari bahasa SanskertaBrahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu), adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa TimurIndonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakniKabupaten ProbolinggoKabupaten PasuruanKabupaten Lumajang, danKabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai obyek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

3. CARSTENSZ PYRAMID, PAPUA
Carstensz Pyramid
Carstensz Pyramid

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi PapuaIndonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletserCarstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.
Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasanOceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia

4. BALURAN, JATIM
Baluran
Baluran

Gunung Baluran adalah sebuah gunung di Jawa TimurIndonesia. Gunung Baluran berketinggian 1.247 meter di atas permukaan laut. Gunung ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo.
Gunung ini merupakan gunung paling timur di Pulau Jawa dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

5. KAWAH IJEN, JATIM
Kawah Ijen
Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso,Jawa TimurIndonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

6. GUNUNG KELIMUTU, NTT
Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu ini terkenal dengan Danau 3 warna-nya karena danau tersebut memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

7. DANAU SENTANI, PAPUA
Danau Sentani
Danau Sentani

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

8. DANAU TOBA, SUMUT
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba juga tempat wisata yang sudah berulang-ulang saya datangi. Dulu sewaktu masih tinggal di Lhokseumawe, Danau vulkanik terbesar di dunia ini adalah salah satu tujuan wisata keluarga kami. Terkenal dengan Pulau Samosir (Tomok) yangg terletak di tengah-tengah pulau dan ada batu gantung yang berbentuk wajah manusia, yang konon katanya itu adalah seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu.

9. DANAU GUNUNG TUJUH, JAMBI
Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh? saya baru mendengarnya kali ini. kalau dilihat dari foto-fotonya di tengah Danau ini ada Gunung, hmm ternyata Gunung Kerinci.

10. PEGUNUNGAN KARST BANTIMURUNG, SULSEL
Pegunungan Karst Bantimurung
Pegunungan Karst Bantimurung


11. KEPULAUAN RAJA AMPAT, PAPUA BARAT
Raja Ampat
Raja Ampat
Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua BaratIndonesiaIbukota kabupaten ini terletak di Waisai.
Kabupaten ini memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau MisoolSalawatiBatanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama.
Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut.

12. PULAU BELITUNG, BABEL
Pulau Belitung
Pulau Belitung
Pulau Belitung ini juga tempat yang sudah pernah saya kunjungi tanggal 22-23 Oktober 2011 yang lalu. Menjadi terkenal karena tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Tempat yang wajib dikunjungi disini adalah Pantai Tanjung Tinggi dengan batu-batu granit besar-nya, Pulau Lengkuas dengan menara mercusuar-nya dan Manggar dengan sekolah SD Muhammadiyah-nya.

13. BUNAKEN, SULUT
Bunaken
Bunaken
Bunaken ini terkenal dengan taman bawah lautnya yang indah. bagus buat diving dan snorkeling!

14. PANTAI UJUNG GENTENG, JABAR
Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
Ujung Genteng adalah kawasan wisata pantai di Indonesia yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia [1]. Wilayah Ujung Genteng masuk ke dalam kabupaten SukabumiJawa Barat[2] Pantai di Ujung Genteng memiliki karakteristik khas pantai di selatan Pulau Jawa, yaitu air jernih,
merupakan surganya wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati variasi keindahan alam mulai dari Pantai, Konservasi,air terjun, Alam, Budaya, Geopark dan masih banyak objek wisata yang bias di dapatkan, tidak menutup kemungkinan bagi para pelancong untuk ingin tinggal lama di lokasi wisata ini karena saat anda mengunjungi lokasi wisata tidak hanya pantai yang akandi dapat.
Untuk melengkapi sarana wisata tersebut Telah banyak Hotel dan penginapan-penginapan untuk para wisatawan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup untuk memenuhi kenyamanan wisata anda saat beristirahat, menjadikan anda semakin menikmati liburan. Tentu anda juga ingin ber kuliner yang berbeda dan sangat menarik bagi anda, hal yang beda anda akan rasakan.

15. PANTAI DREAMLAND, BALI
Pantai Dreamland
Pantai Dreamland

Pantai Dreamland adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.
Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

16. PULAU DERAWAN, KALTIM
Pulau Derawan
Pulau Derawan
Pulau Derawan terletak di Kepulauan DerawanKecamatan Derawan,Kabupaten BerauKalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.
Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisataselam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish),lobsterikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus),nudibranchskuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).
Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

17. PULAU KOMODO, NTT
Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.
Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo,Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara TimurIndonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.
Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.
Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau RincaPulau Padar dan Gili Motang

18. GUNUNG ANAK KRAKATAU, SELAT SUNDA
Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau

Pulau Anak Krakatau 6°6′0″LS,105°25′0″BT, adalah sebuah pulau volkanik kecil, yang muncul di antara Pulau Sertung (Verlaten Eiland) dan Pulau Rakata Kecil (Lang Eiland) pada tahun 1928, di tempat yang dulunya adalah pantai dengan kedalaman 27 m. Pulau ini adalah pulau termuda di Indonesia.
Pada tahun 1929, pulau kecil ini menghilang lagi, tetapi kemudian muncul kembali bersamaan dengan letusan-letusan pada tahun 1930, dan setelah letusan-letusan hebat dalam Februari1933 muncul dengan ukuran lebih besar. Pada tahun 1935, pulau ini bentuknya hampir bundar, dengan diameter sekitar 1200 m, ketinggian 63 m dan pada tahun 1940 tingginya 125 m. Pada tahun 1955 pulau ini bertambah ketinggiannya menjadi 155 m dari permukaan laut. Pada tahun 1959 pulau ini meledak kembali dan mengeluarkan asap hitam tebal sampai setinggi 600 m.
Bersamaan dengan aktivitas vulkanik gunung api yang ada di pulau ini, titik tertinggi pulau ini terus meningkat dengan laju 7-9 meter per tahun.

19. GOA GONG, JATIM
Goa Gong
Goa Gong

Goa Gong Pacitan di Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Pacitan yang populer dan memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Pesona Goa Gong Pacitan ini bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmit yang dapat Anda temui tatkala menyusuri goa tersebut selama kurang lebih 2 jam.

20. GREEN CANYON, JABAR
Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon salah satu tempat yang juga sudah pernah saya kunjungi bersama teman saya reza dan defi. Terletak di daerah Pangandaran dan ditempuh selama 9 jam dari Jakarta tidak membuat lelah setelah sampai di lokasi. Memang salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Selain Green canyon terdapat tempat wisata lain di sekitar daerah tersebut yang harus dikunjungi, yaitu Citumang.

Semoga Bermanfaat, Ayo Cinta Indonesia, And Happy Smart Traveler :)

Sumber by : Kaskus, bangriobros.wordpress.com, id.wikipedia.org.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar